1. Format Ads
Ini udah pernah gue singgung sebelumnya. Bisa lu pilih banners, skyscrapers, squares, link and so on. Sutra deh lu pake mana. Tapi gue saranin lu pake ads 336X280 sama 300X250 buat bagian tengah halaman. Lu boleh pasang 3 ad unit sama 2 link unit dalam satu halaman.
2. Iklan jangan keliatan iklan
Ini juga udah pernah gue singgung, jangan bikin orang jijik dengan situs kita cuman karena iklan kita melayang-layang kemana-mana, norak, …. Gue pernah ditegor sama visitor gue waktu pertama gue pasang adsense, “Gue ngeri liat iklan lu yang semrawut kemana-mana nggak beraturan gitu. Emang lu nggak tahu apa caranya mbikin iklan yang sopan.Sepet nih mata…
Akhirnya gue oprek juga scriptnya biar nge-blend sama blog gue.
3. Pake’ teks ads
Lu ogah ngeklik banner kalo lagi surfing secara sadar, jadi orang juga (paling-paling) emoh ngeklik banner yang nemplok di situs elu pastinya.
4. Tata letak
Naroh iklan nggak usah malu2 (tapi jangan malu-maluin). Lah kalo tuh iklan kita umpetin ke jurang yang dalem, siapa yang mau ngeklik? Lum bikin tuh iklan innocent aja nangkring di posisi strategis situs kita seolah-olah itu juga konten kita yang normal. Ini ada gambar letak iklan yang baek.
5. Border, may be yes…may be no!
Banyak orang nyaranin ngebuang border biar iklan lu nge-blend. Tapi kalo nurut gue tergantung. Kita bisa aja ngoprek ads yang di sidebar sama dengan elemen lainnya. Misalnya di template yang dibuat sama Kang Is ini, matching to?. Skrinsyut :

Image Hosting by Picoodle.com

OKe gak???

6. Iklan di tengah postingan…(tergantung)
Lu bisa aja naroh iklan ditengah posting lu. Tapi lu kudu masttiin kalo postingan lu panjang dan kaya. Lah kalo’ elunya cuman nulis posting 3 baris iklannya sak hohah ntar pembaca enek juga ngeliatnya.
7. Psang Google Search boks
Banyak yang ngerasa ini sering nggak efektif kerjanya, soalnya jarang orang nyari apa2 kok lewat blog kita yang bahkan pagerank-nya masih 0 gede. Ups, pake’ akal dunk! Lu bisa naroh tuh searh engine di bawah postingan lu dan lu bujuk pengunjung buat nyari disitu. Misal : “Can’t Find what you’re looking for? Try Google Search!”.
8. Maksimalin aja Lu narok iklan
Kalo di adsense lu bisa masang 3 iklan ad unit sama 2 link unit, Lu maksimalin aja tuh peluang. Kali-kali aja-kan ada yang ngeklik. Ini namanya strategi nembak dengan membabi buta, dari sekian ranjau yang kepasang, kali aja ada yang ngeklik. (Kalo’ di Blog ini gue nggak ngiklan adsense, ya karena make Bahasa Indo….kalo’ traffic-nya masih jeblok ya paling yang gede2 nangkring iklan layanan masyarakat…diklik berapa juta kalipun nggak ngasilin duit).
9. Jangan cuman cantik di body tapi busuk dalemnya
Seindah apapun lu permak Blog elu, kalo’ Blog elu ntu ancur isinya juga orang jadi keki berat-kan? Apalagi keyword elu cuman SPAM, wah… beraaa….t. Lu cuman nipu orang buat ngedeketin elu dan begitu orang itu tau tampang lu aslinya kaya’ kuntilanak, tamu lu lari kebirit-birit. Gitulah ibaratnya…dan Blog elu jadi angker buat dijambangin. Contoh blog indo yang keren dan sarat isi adalah blognya mas Afsyuhud. Gue belajar banyak dari dia ini waktu mbikin blog pertama kali.
10. Pake’ Keyword yang Mahal
Yah…secara lu cuman masang iklan ecek2, yang bakal jadi penghasilan lu juga ecek2. ada yang namanya High Paying Keyword (gue udah list semua yang disebut HPY ntu) walo’ iklan lu cuman dikit yang diklik, tapi hasilnya gede, Man! Yah, tapi elu juga jangan terlalu berharap kalo Lu nggak web savvy, la saingan lu pastinya banyaaaak banget kan? Gue cumin punya satu blog yang isinya pake HPY, emang sih sekali kliknya setara 10Xklik iklan laen, tapi susah ndongkrak traffic-nya).
11. Pake channel
Channel adsense bisa Lu maksimalin ampe’ 200 biji. Bikin aja sebanyak elu bisa dan nyaman ngontrol iklan2 lu.
12. Jangan curang
Banyak adsenser newwbe yang kiddy banget dengan ngeklik iklannya sendiri. Jangan ulangi lagi kebodohan-mu . Atau nasib akun adsense-lu dipertaruhkan, siap aja di banned sama si OM.
13. Berdoa! Ini adalah rumus paling ampuh buat usaha. Kalo’lu muslim, sholat wajib ntu 5X sehari, bukan seminggu sekali, banyak2 sholat sunah, trus do’a2 juga….